Posted by: kusenminimalis | February 27, 2010

Kusen Minimalis | Cara merawat Kusen

Jual kusen Minimalis hubungi bp harnoto 08176667892, kami menyediakan berbagai macam kusen minimalis kusen pintu kusen jendela kusen rumah kusen aluminium/alumunium kusen kayu serta kusen kusen yang lainnya.kami siap bekerja sama dengan para perumahan perumahan baru dalam pemesanan kusen.

Agar tetap awet, semua barang tentu butuh perawatan.? Tak terkecuali dengan kusen pintu  dan kusen jendela  rumah. Apalagi, lokasi kusen jendela upvc  yang kebanyakan ada di luar ruangan menyebabkan kusen pintu upvc  kerap tertimpa panas matahari, debu, dan tampias hujan.

Ridwan Kamil, arsitek PT Urubane Bandung mengatakan, kusen upvc alumunium adalah kusen pintu yang tidak membutuhkan perawatan rutin. Sebab, kusen jendela jenis ini tidak akan berkarat dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kusen jendela upvc alumunium juga kuat menahan sinar matahari dan siraman air hujan sekaligus. Makanya, kusen pintu upvc jenis ini hanya butuh perawatan yang minimal, hanya dengan mengelapnya secara rutin. Andan Nadriasta arsitek dari Eramuslim.com menambahkan, untuk membersihkan kusen upvc alumunium cukup menggunakan lap basah.

Setali tiga uang, kusen cor juga tidak membutuhkan perawatan secara khusus. Yang penting adalah, daun pintu atau jendela yang tergantung pada saat pengecoran harus benar-benar kering. Kusen cor hanya membutuhkan perawatan dari pewarnaan saja. “Kalau cat nya pudar, ya? tinggal cat ulang lagi,” paparnya. Meski begitu, Andan menganjurkan agar kusen cor tak kena benturan keras yang dapat merusaknya. “Sebab memperbaiki kusen cor cukup sulit,” katanya.

Muty Linggawaty, arsitek PT Bumi Karya Persada menyarankan, kusen alumunium sebaiknya jangan sampai terkena benturan apapun agar tak merusak bentuknya. Begitu juga dengan kusen berbahan UPVC alias plastik. “Jangan terkena benturan agar tidak pecah,” katanya. Ini tentu berbeda dengan kusen jenis kayu, Muty menyarankan, sebelum dipasang, kayu tersebut harus berlapis antirayap. Selain itu, kayu juga harus di-coating alias diberi lapisan tahan jamur. Kalau warna kayunya mulai kusam, maka tinggal dilakukan pengecatan ulang. Tapi cat yang digunakan bukan sembarangan cat. Pilihlah cat kayu yang tahan terhadap segala cuaca.

Menurut Muty, perawatan kusen kayu sejatinya tergantung dari jenis kayu. Ada dua jenis kayu yang biasa digunakan di rumah. Untuk kelas atas, kayu kamper Samarinda dan kayu jati bisa menjadi pilihan. Di pasar kelas bawah? ada kayu kamper Medan, Kamper Singkil, Meranti.

Agar tidak merusak inti kayu kelas atas, Anda sebaiknya menggunakan cat duco yang tahan lama. Setelah kusen terpasang, jangan lupa membubuhkan lapisan anti rayap. Sedangkan perawatan untuk kusen berbahan kayu kelas bawah lebih sulit karena minimal memerlukan pelitur. Pengecekan rutin juga harus dilakukan untuk mencari retak yang terjadi di kayu. Jika retak, Anda bisa menambalnya dengan dempul.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: